RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Negeri .....................
Kelas/Semester : VII/1
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Tema : Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia
Pertemuan Ke : 1 dan 2
Alokasi waktu : 4 x 40 Menit
A. KOMPETENSI INTI
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. KOMPETENSI DASAR
1.3 Menghargai karunia Tuhan Yang Maha Esa telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.1 Meniru perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli, aman, dan percaya diri
sebagaima na ditunjukan oleh tokoh tokoh pada masa Hindu Buddha dan Islam dalam kehidupan sekarang
sebagaima na ditunjukan oleh tokoh tokoh pada masa Hindu Buddha dan Islam dalam kehidupan sekarang
3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, social, budaya, pendidikan, dan politik)
4.3 Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Menjelaskan pengertian konektivitas antar-ruang dan waktu
2. Menjelaskan keadaan alam Indonesia ditinjau dari aspek keruangan
3. Menjelaskan pengaruh keadaan alam Indonesia terhadap aktivitas penduduk Indonesia dalam ruang dan waktu (masa lampau dan masa kini).
4. Mendeskripsikan pola aktivitas ekonomi penduduk Indonesia berdasarkan potensi alam.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui aktivitas pembelajaran siswa dapat :
1. Menjelaskan pengertian konektivitas antar ruang dan waktu
2. Menjelaskan keadaan alam Indonesia ditinjau dari aspek keruangan
3. Menjelaskan pengaruh keadaan alam Indonesia terhadap aktivitas penduduk Indonesia dalam ruang dan waktu (Masa lampau dan masa kini).
4. Mendeskripsikan pola aktivitas ekonomi penduduk Indonesia berdasarkan potensi alam .
E. MATERI POKOK
a. Konektivitas antar ruang dan waktu
b. Keadaan alam Indonesia dari aspek keruangan
c. Pengaruh Keadaan alam Indonesia terhadap aktivitas penduduk Indonesia dalam ruang dan waktu (masa lampau dan masa kini)
d. Pola aktivitas ekonomi penduduk Indonesia
F. METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode : Diskusi kelompok dan tanya jawab dengan teknik STAD
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
| Deskripsi Kegiatan |
Alokasi waktu
|
Pertemuan ke 1
| ||
Pendahuluan |
1. Persiapan Kelas membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama
2. Memotivasi siswa dengan bertanya tentang keadaan alam sekitar tempat tinggal siswa.
3. Guru menginformasikan tujuan yang ingin dicapai
4. Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dipelajari
5. Guru mengajak siswa bernyanyi bersama lagu “rayuan pulau kelapa”
|
10 menit
|
Inti
|
1. Membentuk kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll)
2. Guru menyajikan pelajaran
3. Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok Tentang :
Ø Koknektivitas antar ruang dan waktu
Ø Keadaan alam dari aspek keruangan
Anggotanya tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
4. Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu
5. Memberi evaluasi
6. Kesimpulan
|
60 menit
|
Penutup |
1. Melaksanakan test secara lisan
2. Menugaskan peserta didik melakukan pengamatan dan menyusun laporan pengamatan tentang keadaan alam di lingkungan sekitar.
3. Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
|
10 menit
|
Pertemuan ke 2
| ||
Pendahuluan |
1. Persiapan psikis dn fisik membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama
2. Tanya jawab tentang keadaan alam Indonesia
3. Guru menginformasikan tujuan yang ingin dicapai
4. Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dipelajari.
5. Guru mengajak siswa bernyanyi bersama lagu padamu negeri
|
10 menit
|
Inti
|
1. Membentuk kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll)
2. Guru menyajikan pelajaran
3. Guru memberi tugas diskusi dengan permasalahan:
Ø pengaruh keadaan alam Indonesia terhadap aktivitas penduduk Indonesia dalam ruang dan waktu (masa lampau dan masa kini).
Ø Pola aktivitas ekonomi penduduk Indonesia
Anggotanya tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
4. Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu
5. Memberi evaluasi
6. Kesimpulan
|
60 menit
|
Penutup |
1. Siswa terpilih membuat kesimpulan tentang materi yang telah didiskusikan
2. Melaksanakan test secara lisan
3. Menugaskan peserta didik menyusun kliping tentang keadaan alam Indonesia
4. Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing
|
10 menit
|
H. SUMBER BELAJAR
1. Buku : IPS Pegangan siswa Kelas VII, Buku yang relevan
2. Alat Peraga : Peta, Atlas, Gambar
I. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Tes tertulis
2. Unjuk kerja
3. Proyek
4. Portofolio
Banyak Dicari